Setelah serah terima kedua dari tahap pembangunan proyek ke tahap operasional gedung, beberapa sistem proteksi kebakaran yang terpasang pada bangunan gedung perlu diperiksa dan dirawat secara berkala.

Umumnya setelah gedung beroperasi, semua peralatan gedung dirawat oleh Pengelola agar dalam kondisi baik. Bagaimanapun jika komponen/peralatan gedung ditemukan dalam “kondisi bermasalah” perlu segera dilakukan penggantian. Hal ini terjadi karena program perawatan merujuk pada program inspeksi dan perawatan yang benar. Peralatan gedung yang berkaitan dengan keselamatan termasuk Sistem VAC, Boiler, Proteksi Kebakaran, transportasi Vertikal, Listrik & Penerangan dan Penangkal Petir, dll.

Oleh karena hal tersebut di atas, Badan Pengelola harus melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap sarana keselamatan dan proteksi kebakaran agar sesuai dengan regulasi keselamatan kebakaran. Manajemen Inspeksi dan Tes Performa merupakan sarana untuk menjaga kehandalan bangunan selama gedung dalam masa operasionalnya.

Inspeksi dan Tes Performa adalah evaluasi secara menyeluruh terhadap bangunan gedung untuk menentukan potensi bahaya yang dapat mengancam terhadap jiwa penghuni dan bangunan gedung. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal yang diperlukan untuk mencegah terjadinya potensi kebakaran dan memastikan keselamatan penghuni jika terjadi kebakaran. Hasil Inspeksi dan Tes Performa akan terdata masalah-masalah yang ada dan bagaimana mengatasi masalah tersebut sehingga akan dihasilkan rekomendasi yang perlu dilakukan perbaikan.

Perusahaan kami telah melakukan standar Inspeksi dan Tes Performa sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada gedung agar dapat terlaksana pengelolaan yang efektif dan sesuai dengan regulasi keselamatan kebakaran.